Keberhasilan pembangungan, meningkatkan derajat kesehatan dan gizi masyrakat berpengaruh terhadap meningkatnya usia harapan hidup dan jumlah lanjut usia. Semakin meningkatnya tuntutan kebutuhan ekonomi, khususnya di kota-kota besar, menyebabkan terjadinya pergeseran nilai dalam keluarga. Kondisi ini mengarah kepada semakin berkurangnya perhatian keluarga terhadap lanjut usia karena keterbatasan waktu yang tersedia. Akibatnya banyak lanjut usia terlantar dan harus hidup sendiri tanpa perhatian dan pendampingan keluarga serta tidak dapat melakukan aktifitas yang bermakna dalam mengisi hari tuanya, selanjutnya keberadaan lanjut usia menjadi beban bagi keluarga. Kondisi ini menuntut Pemerintah Daerah untuk memberikan pelayanan sosial kepada para lanjut usia sehingga dapat menghindarkan mereka dari keterlantaran dari berbagai aspek.

PSTW Budi Mulia 1 merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia terlantar. Dibangun pada tahun 1968 di atas lahan seluas 9.999 m² yang dikukuhkan menjadi PANTI WERDHA 1 CIPAYUNG melalui SK Gubernur DKI Jakarta No. CA11/29/1/1972. selanjutnya mengalami pergantian nama menjadi PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) Budi Mulia 1 Cipayung melalui SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 736 Tahun 1996.

Dengan berlakunya Perda No. 3 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata kerja Perangkat Daerah dan Sekretaris DPRD , SK Gubernur DKI Jakrta No. 41 Tahun 2002 tentang Struktur  Organisasi dan Tata Kerja Dinas Bina Mental  Spirituan dan Kesejahteraan Sosial  Provinsi DKI Jakarta, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1 Cipayung, dikukuhkan kembali berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta No. 163 Tahun. 2002 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Dinas Bintal dan Kesos Provinsi DKI Jakarta, dan Peraturan Gubernur No.57 Tahun 2010 tentang Organisasi Tata Kerja PSTW Budi Mulia  1